Beberapa Contoh Bahaya Kurang Tidur Terhadap Keselamatan Kerja- Pusat Springbed Harga Murah

Cukup Tidur Akan Mengurangi Resiko Anda Mengalami Kecelakaan

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia yang harus dicukupi. Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting bagi tubuh, karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan mengembalikan kebugarannya. Kurangnya waktu tidur akan sangat berbahaya dan akan memicu banyak hal negatif pada diri kita.

Waktu tidur yang tepat bagi orang dewasa adalah sekitar tujuh jam hingga sembilan jam per hari. Waktu tidur tersebut harus dicukupi setiap harinya. Dewasa ini, banyak orang yang kurang memperhatikan waktu tidur dan mengabaikan pentingnya tidur bagi kesehatan tubuh serta perlunya tidur.

Waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur, justru seringkali digunakan untuk mengerjakan perkerjaan yang lain yang kadang malah kurang penting untuk kehidupan kita, seperti bermain game atau online di media sosial yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Kegiatan tersebut seringkali menyita banyak waktu dan mengorbankan waktu tidur yang sebenarnya sangat penting. Setelah melakukan kegiatan tersebut yang mengambil jatah waktu tidur membuat kita ngantuk pada pagi harinya, dimana kita harus mengerjakan banyak pekerjaan.

Terdapat beberapa hubungan antara bahaya kurang tidur terhadap keselamatan kerja, seperti

a. Kehilangan Konsentrasi Mengoperasikan Mesin

Kurangnya tidur mengakibatkan kelelahan karena tubuh kurang mendapat waktu untuk beristirahat dan mengembalikan kondisi tubuh menjadi segar kembali. Kelelahan akan sangat bepengaruh terhadap konsentrasi. Padahal konsentrasi merupakan hal yang diperlukan saat bekerja. Mungkin jika pekerjaan Anda bukan pekerjaan lapangan, kurangnya tidur akan tidak terlalu berisiko.

Namun jika pekerjaan Anda berhubungan dengan pengoperasian mesin berat, maka kurangnya tidur akan sangat berbahaya bagi Anda. Sekali Anda menekan tombol yang salah, maka akan banyak kesalahan terjadi. Ada banyak insiden yang terjadi dan berakibat fatal karena kurangnya tidur yang menyebabkan turunnya tingkat konsentrasi.

Sebagai contoh, ada seorang pekerja di pabrik kayu kehilangan jarinya akibat kurang berkonsentrasi dan mengantuk sehingga jarinya terpotong oleh gergaji mesin. Oleh sebab itu, bahaya kurang tidur terhadap keselamatan kerja sangat berpengaruh.

b. Kehilangan Konsentrasi Mengemudi

Mengemudi adalah salah satu kegiatan yang sangat membutuhkan konsentrasi. Pengemudi harus berkonsentrasi pada banyak hal, seperti kecepatan dan keadaan jalan. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda berada di jalan dan menyetir, maka kurang tidur akan sangat beresiko bagi Anda. Bahaya kurang tidur terhadap keselamatan kerja sangat berpengaruh.

Menurut penelitian Virginia Tech Transportation Institute, mengantuk merupakan salah satu dari lima penyebab kecelakaan mobil. Selain berbahaya bagi sendiri, kesalahan saat mengemudi juga akan berimbas pada orang lain yang berada di jalan, keluarga, serta pekerjaan Anda.

Maka jika Anda sudah mulai merasa kehilangan konsentrasi mengemudi, sebaiknya Anda menepi dan beristirahat sejenak. Jika konsentrasi sudah kembali, Anda baru boleh mengemudi lagi.

( Source : yoursleep.aasmnet.org )

Artikel Bermanfaat Lainnya :

Lihat Juga :

Promo Kasur dan Spring Bed Dari Merek-Merek Terbaik Kepercayaan Anda

Diskon Dimulai Dari 40% – 50% : HEMAT Jutaan Rupiah

( Bergaransi Resmi Pegas 12 – 15 Tahun, 100% Produk Baru )

Daftar Harga Diskon Kasur Airland  :

” Diciptakan Oleh Dokter dan Chiropractor Untuk Kesehatan Tidur Optimum Anda “

tempat tidur spring bed Airland Chiropedic Qi

Harga Diskon dan Katalog Comforta Spring Bed :

Comforta Bed Luxury Choice

Harga Diskon dan Katalog Elite Spring Bed :

Elite Continental

 

*) Beberapa Contoh TESTIMONI :

toko furniture murah bandung-testimoni