Toko Matras Bandung : Konsekuensi Buruk Dari Kurang Tidur

Beberapa Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Tidur merupakan aktivitas yang dilakukan sehari-hari karena tidur dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Tidur memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh karena tidur yang cukup dan teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh, baik itu tidur malam atau tidur siang.

Rata-rata waktu tidur yang diperlukan adalah 7-8 jam perhari, tidak kurang dan tidak lebih. Sedangkan tidur siang hanya 45 menit saja. Namun saat ini, banyak sekali orang yang mengalami insomnia atau sulit tidur. Insomnia menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang dan hal tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Selain itu, karena banyaknya pekerjaan, membuat seseorang menjadi kurang tidur karena mengharuskannya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Ada beberapa akibat kurang tidur bagi kesehatan, diantaranya :

1.   Kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh menurun. Tidur dapat meregenerasi sel dan apabila kurang tidur, proses regenerasi sel akan berjalan kurang maksimal. Akibatnya daya tahan tubuh menutun dan tubuh mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, lakukan tidur secara teratur dan cukup.

2.   Akibat kurang tidur selanjutnya adalah menurunkan konsentrasi. Tidur merupakan aktivitas untuk mengistirahatkan otak dan tenaga. Apabila waktu tidurnya kurang, akan memaksa otak untuk terus bekerja, sehingga sangat berpengaruh terhadap kognitif atau fungsi otak. Akibatnya, konsentrasi menjadi menurun dan lambat dalam berpikir.

3.   Kurang tidur akan meningkatkan resiko obesitas karena dengan tidur yang kurang akan terus merasa lapar, sehingga nafsu makan pun bertambah yang menyebabkan obesitas.

4.   Resiko diabetes juga merupakan salah satu akibat dari kurang tidur. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang kurang tidur pada malam hari akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan kadar insulin serta resistensi insulin di dalam tubuh.

5.   Kurang tidur dapat membuat kulit menjadi kusam karena proses untuk regenerasi sel kulit tidak cukup.

6.   Selanjutnya, kurang tidur akan menyebabkan resiko penyakit jantung karena jantung terus dipaksa untuk bekerja, sehingga kerja jantung menjadi menurun.

7.   Dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Kurang tidur membuat seseorang menjadi mengantuk, terutama bagi pengendara. Hal tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan karena konsentrasi berkurang saat mengantuk. Pengendara menjadi tidak waspada terhadap keadaan sekitar.

8.   Kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih. Para peneliti yang berasal dari New England mengatakan bahwa kurangnya waktu tidur pada malam hari dapat mengakibatkan resiko nokturia, dimana rasa ingin buang air kecil meningkat, jadi aktivitas buang air kecil di malam hari meningkat.

Itulah beberapa akibat kurang tidur bagi kesehatan tubuh. Pola hidup sehat jika tidak diimbangi oleh tidur yang cukup, sama saja akan membahayakan kesehatan. Sebaiknya atur pola tidur dari sekarang dan ciptakan tidur yang berkualitas serta teratur.

( Dirangkum dari : webmd.comhuffingtonpost.com )

Artikel Singkat, Praktis dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Promo dan Diskon :

 HEMAT UANG ANDA YANG BERHARGA

Silahkan Lihat Promo Dari Merek-Merek Kasur dan Spring Bed Terbaik Dengan Harga DISKON dan Garansi Resmi :

 kasur spring bed comforta-galleria furniture bandung kasur spring bed king koil murah di galleria furniture bandung harga kasur spring bed anak lebih murah di galleria furniture bandung
 Kasur Comforta   Spring Bed King Koil  Spring Bed Anak Diskon

Jangan Lupa Untuk Melihat Kumpulan TESTIMONI Otentik Galleria Furniture :

toko furniture murah bandung-testimoni