Seberapa Bahaya Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Tubuh Anda ?

5 Bahaya Kurang Tidur terhadap Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Secara medis, ternyata kebiasaan kurang tidur berdampak buruk bagi kesehatan. Lalu penyakit atau bahaya apa sajakah kiranya yang  timbul akibat kurang tidur ini? Simak ulasannya dibawah ini.

1.   Melemahkan Daya Ingat

Wabah “pikun” yang melanda kaum remaja di Indonesia sejatinya bukan karena teknologi canggih yang diisukan selama ini. Memang benar, gadget membuat seseorang yang sedang menggunakannya menjadi tidak fokus dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Tetapi itu tidak menjadikkannya mudah lupa.

Kebiasaan di era modern yang paling dominan dalam melemahkan daya ingat adalah kebiasaan kurang tidur. Hal ini dikuatkan oleh pendapat salah seorang ahli medis ternama di Indonesia. Ia mengatakan, di dalam tubuh manusia terdapat dua hormon yang mempengaruhi konsentrasi seseorang yakni noradrenalin dan serotonin.Akibat kurang tidur membuat produksi hormon tersebut menjadi menurun. Sehinggga konsentrasi pun menjadi menurun.

Selain kedua hormon tersebut juga ada hormon melatonin yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kurang tidur juga membuat produksi hormon ini menjadi berkurang. Oleh karena itu, tak heran apabila kurang tidur menyebabkan Anda lebih mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk.

2.   Membuat Kulit menjadi Pucat

Sebuah riset yang dilakukan oleh para ahli dari University Hospitals CMC membuktikan bahwa kurang tidur menyebabkan penurunan fungsi pemulihan kulit terhadap ketahanan dalam menjaga kelembabab dan paparan sinar matahari. Dalam riset tersebut wanita yang kurang tidur menunjukkan peningkatan tanda-tanda penuaan pada kulit seperti pigmentasi dan hilangnya kelenturan pada kulit.

3.   Membuat Penampilan menjadi Buruk

Tampak sekali, kurang tidur membuat penampilan seseorang tidak bugar di pagi harinya. Wajah tampak lelah adalah bukti nyata akibat kurang tidur. Dilihat dari, lingkaran hitam pada mata, kantung mata yang menjadi tebal dan kulit wajah yang menjadi tampak pucat.

4.   Memicu Stress

Kurang tidur ternyata mempengaruhi bagian otak manusia. Bagian otak yang dimaksud adalah amygdala dan prefrontal cortex. Amygdala berfungsi dalam mengatur emosi sedangkan prefrontral cortex berfungsi untuk mengatur pola pikir rasional. Kurang tidur menjadi faktor penyebab, amygdala menjadi meningkat. Akibatnya emosi menjadi tak terkendali sehingga memicu stress.

Dalam sebuah studi tentang gangguan tidur terungkap bahwa salah satu penyakit yang timbul akibat kurang tidur adalah insomnia. Dan sebuah fakta yang mencengangkan bahwa ternyata insomnia membuat pengidapnya lima kali lebih rentan depresi. Kurang tidur membuat Anda memperparah gejala depresi dan despresi membuat Anda menjadi lebih sulit tidut.

5.   Memicu Diabetes

Menurut riset, kebiasaan kurang tidur meningkatkan risiko diabetes. Setelah diselidiki oleh para ahli, hal ini bisa terjadi karena pola tidur berpengaruh terhadap kadar gula darah dan hormon yang mengontrol nafsu makan. Kurang tidur mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin (hormon yang berperan besar pada diabetes).

( Artikel Dirangkum dari : mayoclinic.org , webmd.com , sciencedaily.com )

 Artikel Praktis Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Promo dan Diskon :

 HEMAT UANG ANDA YANG BERHARGA

Silahkan Lihat Promo Dari Merek-Merek Kasur dan Spring Bed Terbaik Dengan Harga DISKON dan Garansi Resmi :

 kasur spring bed comforta-galleria furniture bandung kasur spring bed king koil murah di galleria furniture bandung harga kasur spring bed anak lebih murah di galleria furniture bandung
 Kasur Comforta   Spring Bed King Koil  Spring Bed Anak Diskon

Jangan Lupa Untuk Melihat Kumpulan TESTIMONI Otentik Galleria Furniture :

toko furniture murah bandung-testimoni

>> Atau, Segera Kunjungi Kami Pada Alamat ini, dan BUKTIKAN Kebenaran Seluruh Isi TESTIMONI Kami :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 , 0821 285 37731
  • PIN BB : 29E84589 , 276494BC