Kurang Tidur dan Dampaknya Bagi Tubuh

Waspadai Bahaya Yang Ditimbulkan Oleh Kurang Tidur Terhadap Diri Anda

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang penting untuk menyeimbangkan pola hidup. Secara umum, manusia perlu 7-8 jam sehari atau bila ditotal kira-kira sepertiga usianya untuk tidur. Meski demikian, tuntutan untuk hidup yang lebih produktif membuat orang dewasa tidak dapat memperoleh tidur yang memadai.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun pada saat ini sangat rentan mengalami gangguan kurang tidur karena terlalu sering terganggu oleh televisi dan gadget. Kondisi ini jelas bukan sesuatu yang dapat dibanggakan pada generasi kita. Pasalnya, kurang tidur dapat mengurangi kualitas hidup dan bahkan berpotensi membahayakan keselamatan.

Secara umum, kurang tidur memiliki dampak yang langsung maupun laten terhadap kesehatan. Dampak langsung yang paling sering ditemui ialah munculnya jerawat dan kantung mata yang hitam, sehingga dapat dikatakan apabila kurang tidur sangat berpengaruh terhadap penampilan.

Bahaya laten dari kurang tidur sendiri jauh lebih berbahaya, yaitu mampu mencetuskan penyakit-penyakit seperti obesitas, diabetes dan juga jantung. Logisnya ketika kita belum tidur hingga larut, kita akan cenderung merasa lapar dan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang berpotensi meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam tubuh.

Sementara itu, secara medis kerja jantung pada pukul 11 malam sedang lemah, sehingga apabila dipaksakan begadang akan merusak fungsinya secara perlahan-lahan. Bahaya kurang tidur sendiri mengancam kesehatan emosional dan mental seseorang. Mengalami gangguan kurang tidur secara terus-menerus mempengaruhi labilnya emosi seseorang yang menyebabkannya akan mudah marah, susah beradaptasi dan rentan terhadap depresi.

Bahaya kurang tidur ini juga semestinya diperhatikan oleh para pekerja. Pasalnya, alih-alih ingin meningkatkan produktivitas, kurangnya porsi tidur justru berpotensi membahayakan keselamatannya. Terdapat suatu gangguan yang kemudian sering diderita oleh para pekerja yang kekurangan waktu tidur, yakni shift work sleep disorder (SWSD).

Mungkin secara langsung mereka yang hanya tidur 3-4 jam sehari akan nampak sama segar dan normal sebagaimana pekerja yang tidur 7 jam sehari. Namun, pekerja yang mengidap SWSD tersebut tidak sadar apabila otak mereka mengalami penurunan fungsi dimana ketika konsentrasi mereka teralihkan akan butuh usaha ekstra bagi mereka untuk mengembalikannya.

Selain itu, pekerja yang kurang tidur dan mengidap SWSD tersebut juga mengalami gangguan fungsi memori serta gangguan tidur dimana mereka justru cenderung akan mengantuk di jam-jam waktu kerja normal. Tentunya gangguan tersebut tidak hanya mampu menurunkan kualitas kerja, namun juga sangat rawan menimbulkan kecelakaan-kecelakaan dalam kerja.

Kurang tidur merupakan salah satu bentuk penganiayaan terhadap diri sendiri. Dalam hal ini, tidur yang cukup justru merupakan kunci meraih win-win solution paling rasional bagi kita. Dengan tidur yang cukup kita dapat menyeimbangkan hidup dan justru memiliki kesempatan lebih besar untuk memaksimalkan produktivitas di jam-jam aktif. Oleh karena itu, dengan memperhatikan pula pada bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh kekurangan waktu tidur, porsi tidur yang pas seharusnya menjadi perhatian utama yang tidak boleh dihiraukan oleh seluruh kalangan.

(Source : businessinsider.com , lifehack.org )

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Promo dan Diskon :

 HEMAT UANG ANDA YANG BERHARGA

Silahkan Lihat Promo Dari Merek-Merek Kasur dan Spring Bed Terbaik Dengan Harga DISKON dan Garansi Resmi :

 kasur spring bed comforta-galleria furniture bandung kasur spring bed king koil murah di galleria furniture bandung harga kasur spring bed anak lebih murah di galleria furniture bandung
 Kasur Comforta   Spring Bed King Koil  Spring Bed Anak Diskon

Jangan Lupa Untuk Melihat Kumpulan TESTIMONI Otentik Galleria Furniture :

toko furniture murah bandung-testimoni

>> Atau, Segera Kunjungi Kami Pada Alamat ini, dan BUKTIKAN Kebenaran Seluruh Isi TESTIMONI Kami :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 , 0821 285 37731
  • PIN BB : 29E84589 , 276494BC