Terancamnya Keselamatan Kerja Akibat Kurang Tidur

Saat ini cukup banyak orang dewasa yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas dan layak. Bukan karena fasilitas yang tidak memadai, namun tingginya mobilitas dan tuntutan hidup yang harus dijalani membuat mereka mustahil untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Terlalu banyak beban pikiran, sering terkena paparan komputer serta kebiasaan buruk membawa pekerjaan ke rumah menjadi tiga alasan utama atas tidur kurang dari tujuh jam yang banyak diderita oleh orang-orang dewasa yang bekerja. Hal yang kemudian menjadi perhatian adalah, apakah dengan waktu tidur yang mereka korbankan tersebut mereka dapat mendapatkan lebih banyak keuntungan dalam pekerjaan mereka? Banyak riset yang kemudian menunjukkan bahwa fakta yang terjadi justru sebaliknya.

Dampak Kurang Tidur terhadap Pekerjaan

Sebagian orang merasa apabila semakin banyak waktu kerja, maka akan semakin banyak hasil yang mampu diperoleh dibandingkan mereka yang waktu kerjanya lebih pendek. Meski demikian, pihak yang berpikir demikian tidak menyadari apabila kurang tidur justru mampu menghambat efisiensi kerja mereka.

Mungkin secara fisik tidak ditemui perbedaan yang signifikan antara Anda yang memilih begadang dengan yang tidur cukup 6,5-7,5 jam sehari. Meski demikian, pekerja yang sering begadang konsentrasinya akan sering buyar dan ingatannya kurang tajam. Selain itu, pekerja tersebut tingkat ketelitian dan daya analisanya juga cenderung menurun.

Hal ini secara sederhana dapat digambarkan karena sel-sel neuron dalam otak yang regenerasinya dilakukan selama tidur tidak akan sempurna proses sinkronisasinya apabila waktu yang digunakan untuk tidur tidak dimaksimalkan.

Pekerja yang kurang tidur juga lebih sering mengalami stres yang berakibat pada labilnya emosi. Hal ini jelas akan menghambat baik proses komunikasi dan diskusi dengan kolega maupun performa serta produktivitas dalam mengerjakan tugas secara keseluruhan. Hal lain yang ditimbulkan oleh kurang tidur ialah pekerja yang rentan terkena virus dan penyakit karena imunitasnya terganggu seiring dengan hormon melatonin yang optimal aktivasinya akibat kurang tidur.

Dengan demikian, pada awal pekerja mungkin akan nampak tinggi produktivitasnya, namun pada akhirnya pekerja tersebut akan merosot performanya akibat menderita gangguan-gangguan kesehatan dari yang ringan seperti flu hingga yang berat seperti diabetes, jantung atau kanker.

Keselamatan Kerja yang Terancam

Salah satu yang paling berbahaya terutama bagi Anda yang bekerja di bidang teknikal dimana Anda harus turun langsung ke lapangan ialah keselamatan kerja Anda. Sebelumnya telah disebut apabila kekurangan jam tidur dapat membuat Anda kehilangan konsentrasi dan pikiran yang jernih untuk berpikir.

Dengan pekerjaan yang perlu turun ke lapangan, Anda akan dihadapkan dengan benda-benda riskan seperti bahan-bahan bangunan untuk kontraktor, kobaran api dan reruntuhan bangunan bagi pemadam kebakaran, alat berat dan bebatuan bagi penambang dll. Kurang tidur dapat membuat Anda mudah mengalami kecelakaan di lokasi kerja semacam itu. Selain itu, secara umum kurang tidur juga berbahaya bagi keselamatan pekerja yang berkendara ke tempat kerjanya.

Pasalnya, menyetir dengan mengantuk sama berbahayanya dengan menyetir dengan minum alkohol. Tak kurang dari sejuta kasus kecelakaan akibat mengantuk terjadi di Amerika. Dengan demikian, pulang pergi kantor dengan kondisi tidak sepenuhnya sadar jelas sama dengan membahayakan hidup Anda sendiri.

Dengan demikian apabila Anda tetap mempertahankan performa kerja Anda yang baik secara konsisten, Anda tidak perlu memforsir diri dalam bekerja yang membuat Anda sampai rela mengorbankan jam tidur Anda. Dengan ini manajer sebuah perusahaan yang menginginkan performa optimal dari pekerjanya seharusnya mencegah pekerjanya agar tidak kurang tidur. Hal tersebut dapat dilakukan de gan meningkatkan training strategi mengatasi insomnia, mengurangi lembur, serta membuat aturan yang memberi waktu pekerja untuk tidur siang sejenak.

(Sumber : huffingtonpost.com , canadasafetycouncil.org )

Artikel Informatif & Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Lihat Juga :

Promo Kasur dan Spring Bed Dari Merek-Merek Terbaik Kepercayaan Anda

Diskon Dimulai Dari 40% – 50% : HEMAT Jutaan Rupiah

( Bergaransi Resmi Pegas 12 – 15 Tahun, 100% Produk Baru )

Daftar Harga Diskon Kasur Airland  :

” Diciptakan Oleh Dokter dan Chiropractor Untuk Kesehatan Tidur Optimum Anda “

tempat tidur spring bed Airland Chiropedic Qi

Harga Diskon dan Katalog Comforta Spring Bed :

Comforta Bed Luxury Choice

Harga Diskon dan Katalog Elite Spring Bed :

Elite Continental

[quote text_size=”medium”]

Mengapa Galleria Furniture ?

[/quote]

Jangan Lupa Untuk Melihat Kumpulan TESTIMONI Otentik Galleria Furniture :

toko furniture murah bandung-testimoni

>>> ( KLIK Disini Untuk Melihat Lebih Banyak TESTIMONI Kami )

Beberapa Awards Bergengsi Dari Berbagai Lembaga Terkait :

Galleria Furniture bandung

(KLIK DISINI Untuk Melihat Lebih Banyak AWARDS Prestigious Galleria Furniture )

>> Atau, Segera Kunjungi Kami Pada Alamat ini, dan BUKTIKAN Kebenaran Seluruh Isi TESTIMONI Kami :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 , Hp / WhatsApp : 0821 285 37731
  • PIN BB : 29E84589 , 276494FC ( WhatsApp Recommended )