Mengapa Anda Harus Cukup Tidur ?

Solusi tidur yang efektif sebenarnya  tersedia bagi siapa saja yang menderita  gangguan dalam tidur. Sebagai bagian dari solusi tidur yang efektif  artikel ini akan menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin Anda miliki.

Apakah Anda sadar bahwa Anda akan menghabiskan hampir sepertiga dari kehidupan Anda untuk tidur ? Ketika tubuh kita terjaga, sel-sel saraf terus aktif dan menjadi lelah. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin perlu tidur siang beberapa kali dalam sehari.

Tidur memberikan kesempatan untuk membuang limbah dan kesempatan untuk memperbaiki diri sel-sel tubuh.  Tidur adalah fungsi yang sangat penting, dan meskipun Anda mungkin menunda untuk pergi tidur, akhirnya berbagai konsekuensi negatif akan muncul.

Kebutuhan dan Pentingnya Tidur

Tidur adalah bagian yang diperlukan kelangsungan hidup kita , dan memiliki solusi tidur yang baik sangat penting untuk fungsi otak. Ketika setiap orang beristirahat, tubuh meremajakan dirinya, sehingga akan siap untuk berfungsi dengan baik pada hari berikutnya.

Apa yang terjadi ketika Anda tubuh terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur ? Otak menjadi stres  dan Anda menjadi mudah jengkel dan marah-marah. Ketika Anda tidur Anda memberikan tubuh Anda “ liburan-singkat “. Tidur juga memberi otak Anda kesempatan untuk menyelesaikan masalah. Meskipun tidak diketahui apa fungsi yang berlangsung di otak saat Anda tidur, diyakini bahwa ini adalah waktu bagi otak untuk menyimpan informasi, menggantikan bahan kimia atau mengoreksi ketidakseimbangan, dan memecahkan masalah dalam tubuh.

Tidur sangatlah penting untuk kesehatan yang baik. Tidur menyegarkan tubuh dan pikiran, dan membantu tubuh sembuh dari tekanan-tekanan yang diakibatkan akitivtas Anda.  Jika Anda mendapatkan cukup tidur secara teratur setiap malam Anda akan merasa dan bekerja lebih baik.

Efektivitas tidur

Tidur dan bangun adalah bagian dari jam biologis Anda yang dikendalikan oleh otak Anda. Berapa banyak tidur yang setiap orang perlukan setiap malam? Jumlah kebutuhan tidur seseorang sangat tergantung pada usia nya. Sebagai contoh bayi tidur sekitar 14-15 jam, sementara orang tua hanya perlu 7-8 jam setiap malam.

Kebanyakan anak-anak antara usia 5 dan 12 tahun membutuhkan  antara 10 sampai 11 jam tidur. Beberapa anak mungkin perlu lebih banyak dan beberapa membutuhkan lebih sedikit. Namun, dapatkah kita tidur kurang dari 8 jam ?

Hal ini tergantung pada individu. Beberapa orang membutuhkan tidur lebih banyak , sementara yang lain hanya membutuhkan sedikti tidur. Setiap orang perlu mendapatkan jumlah tidur yang diperlukan untuk merasa waspada, sehat, dan benar-benar fit.

Jika seseorang merasa terlalu kelelahan pada malam hari maka dia perlu mendapatkan lebih banyak tidur. Beberapa orang mungkin memerlukan lebih banyak tidur karena ritme sirkadian dan metabolisme mereka. Proses tubuh mereka mungkin memerlukan lebih banyak waktu, sehingga mereka mungkin perlu lebih banyak tidur untuk beristirahat dan memulihkan tubuh mereka.

Melewatkan tidur satu malam dapat membuat seseorang mudah marah dan tidak kompeten. Setelah seseorang kurang tidur selama dua malam saja , orang itu akan memiliki masalah dalam kemampuan berpikir dan melakukan hal-hal lainnya.  Otak tidak lagi bisa melakukan tugas-tugas normalnya. Setelah lima malam tanpa tidur, seseorang akan berhalusinasi. Akhirnya, menjadi mustahil bagi otak untuk memberikan arah kepada seluruh tubuh tanpa tidur.

Jumlah tidur tidak hanya mempengaruhi resiko tingkat kematian, tetapi juga kepribadian Anda. Beberapa orang secara alami tidur panjang, dan beberapa yang tidur singkat. Studi menunjukkan bahwa orang yang cenderung tidur lebih lama, cenderung lebih tertutup dan kreatif. Orang-orang yang membutuhkan lebih sedikit tidur cenderung lebih ekstrovert.

Kurangnya tidur secara terus-menerus  dapat menyebabkan masalah mental seperti depresi, kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih, dan menghambat kualitas pekerjaan.

Penelitian terhadap gelombang otak yang tercatat  membantu dalam mempelajari   berbagai tahapan yang terjadi ketika tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada empat tahapan tidur yang terjadi dalam siklus masing-masing yang berlangsung sekitar sembilan puluh menit.

Ketika Anda pertama kali jatuh tertidur, gelombang otak Anda akan melambat, karena Anda menjadi lebih rileks. Ketika Anda mengalami tahap ketiga tubuh dan pikiran menjadi lebih menyadari dunia luar. Tahap keempat adalah tahap terdalam dalam siklus yang dikenal sebagai gerakan mata cepat (Rapid-Eye Movement / REM), yang merupakan tahap di mana kebanyakan orang bermimpi. Setelah sepuluh menit atau lebih dari tidur REM, siklus tidur akan diulang kembali dari awal.

Hal ini berlangsung sepanjang malam setidaknya tiga atau empat kali. Selama tidur REM, tidak hanya mata Anda bergerak cepat, detak jantung meningkat, dan proses tubuh otomatis Anda mempercepat. Periode ini berlangsung sekitar dua puluh menit dan berlangsung selama empat atau lima kali selama periode tidur malam, bergantian antara tidur REM dan tidur non-REM. Selama ini fungsi tubuh Anda melambat dan Anda mendapatkan tidur terdalam Anda.

*Sumber :

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Lihat Juga :

Rekomendasi spring bed terbaik dari merk-merk terbaik yang tersedia di Indonesia :

Airland Allegro Air

Review KAsur Latex Airland Allegro Air

Florence San Pietro

Gambar Matras Spring Bed Florence SAn Pietro

SERTA Pure

Gambar KAsur Spring Bed SERTA Pure dan Harganya