Manfaat Penting Tidur Bagi Remaja Agar Berprestasi dan Sehat

Tahukah Anda bahwa tidur merupakan makanan bagi otak, bila makanan tersebut cukup maka otak akan tumbuh dengan maksimal dan berfungsi dengan baik, karena itu jangan pernah menunda tidur apabila sudah mengantuk karena akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda bahkan bisa mengakibatkan kematian, terutama bagi Anda yang sedang mengendarai kendaraan bermotor. (* Baca Juga : Kaitan Antara Otak Manusia dan Tidur )

Dan ternyata peran penting tidur bagi remaja dapat menunjang prestasi dan kesehatan fisik dan emosionalnya secara keseluruhan.

Peran Penting Tidur Bagi Prestasi dan Kesehatan Para Remaja

Berikut ini beberapa peran penting tidur bagi remaja yang  berhubungan dengan prestasi dan kesehatan fisik dan psikologis para remaja, diantaranya adalah :

  • Remaja yang memiliki waktu tidur yang cukup membuat fungsi tubuh dan otak mereka dapat bekerja dan tumbuh dengan optimal.
  • Remaja yang tidurnya cukup akan dapat mengontrol emosinya dengan lebih baik ketimbang mereka yang kurang tidur, karena secara fisik mereka lebih segar dan sehat.
  • Umumnya remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 8-9 jam setiap malam, atau apabila tidak mencukupi dimalam hari bisa juga dibalas dengan tidur siang karena tidur juga seperti menabung. Hal ini penting karena semakin sering di refresh maka tubuh dan otak akan semakin berfungsi dengan maksimal. (* Baca Juga : Lima Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anda )
  • Pada masa remaja atau pubertas remaja memiliki kecenderungan untuk tidur tidak teratur. Mungkin karena pengaruh perubahan hormonal, bergaul dengan teman-teman seusianya, memiliki banyk tugas sekolah, maupun sedang memikirkan lawan jenis yang sedang mereka suka. Hal ini akan mempengarui kualitas dan kuantitas tidur mereka, karena itu sebagai orang tua perlu menjadi teman berbagi cerita untuk mereka agar bisa mengontrol waktu tidur mereka setidaknya lebih dari 5 jam sehari.
  • Remaja yang memiliki waktu tidur yang cukup akan nampak lebih ceria dan bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas, sedangkan mereka yang kurang tidur akan mengalami gangguan yang berhubungan dengan tidur yaitu insomnia, sleep apne (mendengkur), atau narkolepsi. (* Baca Juga : 4 Tips Mudah Untuk Anti-Insomnia  )

Dampak Negatif Kurang Tidur Bagi Remaja

  • Remaja yang kurang tidur cenderung memiliki kemampuan belajar yang kurang maksimal karena kurang konsentrasi, kesulitan menyelesaikan masalah, dan menurunya daya ingat dan fokus terhadap pelajaran
  • Remaja yang tidak memiliki kuantitas tidur yang cukup rawan terkena masalah kulit seperti jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya, sehingga bisa merusak penampilan mereka dan pada akhirnya akan tampil kurang percaya diri.
  • Kelakuan para remaja yang kurang tidur cenderung lebih hiperaktif, emosional, agresif, dan sering berperilaku yang kurang membuat orang disekitarnya merasa nyaman karena kelelahan fisik dan psikologis akibat kurang tidur.
  • Kurang tidur dapat meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan bagi para remaja yang berkendara dalam keadaan lelah dan mengantuk.
  • Kurang tidur dapat membuat remaja memiliki berat badan yang kurang ideal alias obesitas karena saat mereka tidak tidur dimalam hari maka mereka akan cenderung mengkonsumsi berbagai makanan ringan yang mengandung gula dan lemak. (* Baca Juga : Kaitan Erat Antara Kurang Tidur dan Kegemukan )

Semoga informasi seputar peran penting tidur bagi remaja diatas dapat memberikan tambahan wawasan untuk Anda.

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Lihat Juga :

Produk Best Seller Yang Akan Membantu Tidur Sehat dan Nyenyak Anda – Semua Dengan Harga DISKON :

Elite Continental

Elite Continental - Harga Promo Diskon

Therapedic Joy

Spring Bed Therapedic Joy - Gambar Harga

Airland Allegro Air

Airland Allegro Air -Gambar Harga Promo Diskon